BAB 6
PENDAHULUAN
Latar belakang penulisan ini adalah menyelesaikan tugas pengantar bisnis dari Bpk Fitriansyah Hambali, SE, MM. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat kepada pembaca.
LATAR BELAKANG
RUMUSAN MASALAH
1.
Pengertian pasar dan pemasaran
2.
Jenis-jenis pasar
3.Konsep-konsep inti pemasaran
4.Manajemen pemasaran
5.
Bauran pemasaran
6.
Tujuan sistem pemasaran
7.Pendekatan dalam mempelajari
pemasaran
ANALISIS
1. Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pengertian
pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk
melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang
pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar melainkan dapat terjadi
dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
Pengertian
Pemasaran (Inggris:Marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
2. Jenis-Jenis Pasar
Dalam menentukan kriteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4O, yakni
:
a. Apa yang dibeli (object)
b. Mengapa membeli (objective)
c. Siapa yang membeli (organization)
d. Bagaimana membelinya (operation)
Adapun jenis-jenis pasar adalah :
1. Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang
untuk dikonsumsikan, bukan untuk dujual atau diproses lebih lanjut. Yang
termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga (non
bisnis).
Apa yang dibeli? Barang dan jasa konsumsi.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan
disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: perkembangan fisik, sosial, ekonomi,
dll.
Siapa yang membeli? Satu, beberapa orang, atau mereka yang
berada dalam suatu kelompok yang disebut unit pengambilan keputusan, yang
terdiri dari :
a. initiator, yakni orang yang pertama kali mempunyai
ide untuk membeli produk.
b. Influencer yakni orang yang mempengaruhi keputusan
dalam pembelian.
c. Decider yakni orang yang menentukan secara
sebagian atau secara keseluruhan dari keputusan pembelian.
d. Purchaser yakni orang yang melaksanakan pembelian.
e. User, yakni orang yang memakai atau
mengkonsumsikan.
Bagaimana membelinya? Dengan cara reminder buying atau sugesstion
buying. Reminder buying adalah pembelian
tanpa direncanakan yang didasarkan pada ingatan. Sedang suggestion buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang
didasarkan pada suatu sasaran dari orang lain.
contohnya
pada toko online indonesia yaitu ekiosku.com mengadakan sebuah gebrakan
pemasaran untuk meramaikan situsnya dengan membuat sebuah program
affiliate ekilink yang saat ini terkenal dengan julukan Cari Uang Lewat Ekiosku.com oleh para netter indonesia.
2. Pasar Produsen
Pasar produsen juga disebut pasar industri atau pasar
bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu, lembaga atau
organisasi yang membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi produk
akhir yang kemudian di jual atau disewakan.
Apa yang dibeli? Barang dan jasa Industri, antara lain :
a. Bahan dasar dan komponen, contoh : gandum,
semen, mesin, ban, dll.
b. Barang-barang modal, contoh : komputer,
bangunan, forklift, mesin tik, dll.
c. Supplies dan services, contoh : batu bara,
konsultasi, periklanan, dll.
Mengapa membeli?Untuk membantu atau memperlancar usahanya
dengan tujuan dapat memperoleh laba dari penjualan hasil produksinya.
Siapa yang membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani
oleh suatu bagian/departemen dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung
dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya? Terdapat 3 macam situasi yang berbeda,
yaitu:
a. tugas baru, artinya pembeli baru pertama
kali akan membeli (paling kompleks)
b. Pembelian ulang, artinya pembeli sudah
pernah melakukan pembelian barang yang sama, dan akan membeli lagi untuk kedua
atau ketiga kalinya.
c. Pembelian terus-menerus, artinya pembeli
sudah berkali-kali melakukan pembelian barang yang sama.
3. Pasar Penjual/Pedagang Perantara (Reseller Market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu
dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual
lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Apa yang dibeli? Barang yang akan dijual lagi. Hanya saja,
barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan langsung dijual lagi
Mengapa membeli? Untuk mendapatkan laba.
Siapa yang membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen
dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya? Pasar penjual berusaha mencari supplier
atau produsen yang paling baik. Faktor-faktor yang diperhatikan : syarat
pembayaran, pelayanan,dll.
Seperti halnya toko baju online yaitu Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis
yang saat ini tengah mengadakan kegiatan marketing dengan mengadakan
kontes seo dan dengan memberikan diskon yang besar-besaran kepada
konsumennya, ini semua termasuk strategi pemasaran oleh situs
bajumurmer.com tersebut.
4. Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga
pemerintahan, yakni : departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli
atau menyewa barang-barang untuk membantu melaksanakan fungsi-fungsi
pemerintahan.
Apa yang dibeli? Barang dan jasa untuk keperluan di bidang
pertahanan, dikbud, pekerjaan umum, kesehatan, kesejahteraan rakyat. Barang
yang dibeli misalnya pesawat terbang, kapur tulis, jasa konstruksi, dll. Secara
umum, semua ini dapat dimasukkan kedalam kelompok barang konsumsi dan barang
industri.
seperti
halnya programer pembuat Game Onet yang saat ini banyak sekali dicari
dan dimainkan oleh para gamers indonesia tentunya, selalu melaksanakan
promosi besar-besaran, maka dari itu anda harus Download Game Onet ini ya.
Mengapa membeli? Untuk kepentingan dan kesejahteraan
masyarakat.
Siapakah yang membeli? Organisasi atau lembaga pemerintahan,
baik pusat ataupun daerah.
Bagaimana membelinya? Dengan penawaran secara terbuka (tender)
atau kontrak perjanjian langsung dengan supplier untuk melaksanakan proyek.
5. Pasar International
Pasar International meliputi beberapa negara di dunia.
Apa yang di beli? Barang atau jassa konsumsi maupun
industri.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk
mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan atau memproses menjadi
barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
seperti halnya kedua agen bola online yaitu 828bet.com Agen Bola Terpercaya Piala Dunia 2014 dan ITCBET.COM Website Taruhan Lengkap dan Terpercaya
yang selalu memberikan kepuasan pelayanan terhadap konsumennya dalam
hal transaksi, jadi jangan sampai anda mengecewakan konsumennya ya.
Siapa yang membeli? Pembelian dapat dilakukan oleh pembeli
individual dan pembeli rumah tangga, pembeli industri, lembaga pemerintahan,
dan pedagang. Dapat dikatakan bahwa pasar International merupakan kombinasi
dari keempat jenis pasar yang telah dijelaskan di muka.
Bagaimana
membelinya? Karena pihak yang menjual barang/jasa berada di
negara lain, maka pembelian dilakukan oleh dua pembeli atau pasar (negara
tertentu) harus melalui prosedur perdagangan international yang mencakup
ekspor-impor.
3. Konsep-Konsep Inti Pemasaran
• Kebutuhan (needs)
• Keinginan (wants)
• Permintaan (demands)
• Produk
• Nilai, Biaya dan Kepuasan
4. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".
5. Bauran Pemasaran
Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “Bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4P (Product, Price, Promotion, dan Place).
-Product (Produk)
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.
Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
-Promotion (Promosi)
Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu iklan, promosi penjualan, penjualan tatap muka dan hubungan masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
-Place (Saluran distribusi)
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
6. Tujuan Sistem Pemasaran
Ada empat alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1.Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan
merangsang konsumsi maksimum, akhirnya
menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan
kemakmurkan maksimum
2.Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah
3.memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan
konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen
tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari
produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa
yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran
lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang
tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang
tersebut.
4.Memaksimumkan Mutu Hidup
a. Pendekatan serba fungsi
Dari siapa saja pendekatan pokok pemasaran itu, yaitu: pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
b. Pendekatan serba lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, supplier, perantara dagang, dsb.
c. Pendekatan serba barang
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen industri.
d. Pendekatan serba manajemen
Dilihat dari pendapatan manajer serta keputusan yang diambil.
e. Pendekatan serba sistem
Pendekatan serba sistem atau pendekatan sistem total ini mencakup elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempat pendekatan di muka. Oleh karena itu pendekatan sistem total tersebut banyak dipakai dalam buku-buku tentang pemasaran.
REFERENSI
http://zaini-busroni.blogspot.com/2012/01/pengertian-pasar-dan-pemasaran.htmlhttp://jembersantri.blogspot.com/2013/08/pengertian-dan-jenis-jenis-pasar.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran#Bauran_Pemasaran
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran

Tidak ada komentar:
Posting Komentar